Home » » System Disorder Active Learning Template

System Disorder Active Learning Template


System Disorder Active Learning Template

Apa yang dimaksud dengan learning disorder? Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis learning disorder yang dialami oleh anak berkebutuhan khusus! ​

Daftar Isi

1. Apa yang dimaksud dengan learning disorder? Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis learning disorder yang dialami oleh anak berkebutuhan khusus! ​


Jawaban:

Learning disorder adalah suatu gangguan neurologis yang mempengaruhi kemampuan untuk menerima, memproses, menganalisis atau menyimpan informasi.

jenis-jenis learning disorder yang dialami oleh anak berkebutuhan khusus yaitu :

1. Disleksia (Dyslexia)

Disleksia (Dyslexia) adalah gangguan belajar yang mempengaruhi membaca dan /atau kemampuan menulis.

2. Diskalkulia (Dyscalculia)

Diskalkulia (Dyscalculia) adalah gangguan belajar yang mempengaruhi kemampuan matematika.

3. Disgrafia (Dysgraphia)

Disgrafia (Dysgraphia) adalah ketidakmampuan dalam menulis, terlepas darikemampuan untuk membaca.

4. Gangguan pendengaran dan proses visual (Auditory and visual processing disorders)

Gangguan pendengaran dan proses visual (Auditory and visual processing disorders) adalah gangguan belajar yang melibatkan gangguan sensorik.

5. Ketidakmampuan belajar nonverbal (Nonverbal Learning Disabilities)

Ketidakmampuan belajar nonverbal (Nonverbal Learning Disabilities) adalah gangguan belajar dalam masalah dengan visual-spasial, motorik, dan keterampilan organisasi.

6. Gangguan bahasa spesifik (Specific Language Impairment (SLI)

Gangguan bahasa spesifik (Specific Language Impairment (SLI) adalah gangguan perkembangan yang mempengaruhi penguasaan bahasa dan penggunaan.

Penjelasan:

Learning disorder adalah suatu gangguan neurologis yang mempengaruhi kemampuan untuk menerima, memproses, menganalisis atau menyimpan informasi.

jenis-jenis learning disorder yang dialami oleh anak berkebutuhan khusus yaitu :

1. Disleksia (Dyslexia)

Disleksia (Dyslexia) adalah gangguan belajar yang mempengaruhi membaca dan /atau kemampuan menulis.

2. Diskalkulia (Dyscalculia)

Diskalkulia (Dyscalculia) adalah gangguan belajar yang mempengaruhi kemampuan matematika.

3. Disgrafia (Dysgraphia)

Disgrafia (Dysgraphia) adalah ketidakmampuan dalam menulis, terlepas darikemampuan untuk membaca.

4. Gangguan pendengaran dan proses visual (Auditory and visual processing disorders)

Gangguan pendengaran dan proses visual (Auditory and visual processing disorders) adalah gangguan belajar yang melibatkan gangguan sensorik.

5. Ketidakmampuan belajar nonverbal (Nonverbal Learning Disabilities)

Ketidakmampuan belajar nonverbal (Nonverbal Learning Disabilities) adalah gangguan belajar dalam masalah dengan visual-spasial, motorik, dan keterampilan organisasi.

6. Gangguan bahasa spesifik (Specific Language Impairment (SLI)

Gangguan bahasa spesifik (Specific Language Impairment (SLI) adalah gangguan perkembangan yang mempengaruhi penguasaan bahasa dan penggunaan.

Anak dengan Learning Disorder mungkin mempunyai tingkat intelegensia yang sama atau bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan teman sebayanya, tetapi sering berjuang untuk belajar secepat orang di sekitar mereka.

Semoga membantu.


2. Pada kasus anak yang mengalami learning disorder perlu ada penanganan khusus agar kemampuan anak tersebut sama dengan anak normal, apa yang Saudara lakukan sebagai seorang guru ketik dihadapkan dengan siswa dengan kondisi learning disorder? ​


Jika saya menjadi seorang guru, saya akan meningkatkan lagi kualitas belajar, menjaga kesetaraan anak berkebutuhan dengan yang normal, menjauhi adanya bullying, dan menjaga keserasian suasana pendidikan.

semoga membantu

semangat dan jaga kesehatan selalu :)


3. Pengembangan lanjut dari Learning Management System (LMS) yaitu... *A. Learning Central Management SystemB. Learning Corner Management SystemC. Learning Content Management SystemD. Learning Centre Management SystemE. Learning Chrome Management System​


Jawaban:

C.LearningContentManagementSystem'

semoga jawabannya bermanfaat dan membantu semangat!

Jawaban:

B. Learning corner Management System


4. kalimat must atau should.you ...active learning although online​


Jawaban:

must

Penjelasan:

must artinya harus. dalam konteks kalimat tersebut jelas kita harus aktif pelajaran online agar kita dapat menempuh pendidikan dengan benar.

moga terbantu :)


5. why is learning english important active conversation


Because it is an International Languange.

6. Apa yang kalian pahami tentang Learning Management System?


Jawaban:

Pengertian Learning Management System (LMS) secara umum adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran.

Penjelasan:

semoga membantu

BTW ku dapet dari Google:>


7. Contoh-contoh learning management system


Jawaban:

E-Learning

Semoga Membantu, Dan Jadikan Jawaban Terbaik :)

#backtoschool2019


8. fungsi dari learning management system (LMS)


Berikut adalah fungsi daripada learning management system:

Struktur yang dimana adalah merupakan pemusatan dan juga pengorganisasian daripada semua fungsi pembelajaran yang dimana akan saling berhubungan ke dalam sebuah sistem, sehingga akan memberikan akses yang dimana efisien terhadap berbagai macam fungsi LMS dengan cara melalui sebuah  fungsi navigasi antarmuka berlapis.Keamanan yang dimana adalah pengamanan yang berasal dari akses yang tidak akan memiliki sebuah daftar kursus, data siswa hingga fungsi administrasi.Pendaftaran yang dimana akan melakukan pengemukaan dan juga melakukan pemilihan guna untuk melakukan penambahan kursus, kurikulum itu sendiri akan berada pada lain sebagaimana daripada peserta didik serta pendidikan.Penyampaian yang dimana adalah metode pembelajaran serta pengalaman untuk diberikan kepada peserta didik.Interaksi yang dimana adalah peserta didik serta pemateri daripada pembelajaran terhadap komunikasi yang terjadi di antara peserta didik, pendidikan serta administrator.Penilaian yang dimana adalah melakukan penilaian tehradpa proses kegiatan belajar, menympan daripada hasil pembelajaran, hingga melakukan pemantauan perkembangan kegiatan belajar peserta didik untuk mendapatkan hasil belajar yang didapatkan.PemantauanPelaporanPenyimpananTampilanIntegrasiAdministrasiPelajari lebih lanjut

1. Materi tentang  persamaan lms dan sln https://brainly.co.id/tugas/795545

2. Materi tentang  Persamaan lms dan sln https://brainly.co.id/tugas/941412

3. Materi tentang  Apa Pengertian LMS dan SLN ? https://brainly.co.id/tugas/1708862

-----------------------------

Detil jawaban

Kelas:  7

Mapel:  TIK

Bab:  Bab 3 - Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan

Kode:  7.11.3

#AyoBelajar


9. Tujuan dari system e-learning yaitu … *​


Jawaban:

meningkatkan daya serap dari para mahasiswa atas materi yang diajarkan, meningkatkan partisipasi aktif dari para mahasiswa, meningkatkan kemampuan belajar mandiri, dan meningkatkan kualitas materi pembelajaran.


10. Keadaan di mana proses belajar seseorangterganggu karena timbulnya respons yangbertentangan disebut ....a. learning disorderb. learning disfunctionc. under achiverd. slow learner​


Jawaban:

A. learning disorder

Penjelasan:

Maaf kalau salah ya


11. Perangkat lunak yang telah banyak digunakan dan terbukti handal dalam penerapan system e-learning adalah....a.Learning content management system (LCMS)b.Social learning network/s (SLN/SLNs)c.Learning management system (LMS)d.Edmodoe.Online learning​


Jawaban:

B

Penjelasan:

Social Learning Network/s (SLN/SLNs)

LMS dan LCMS merupakan perangkat lunak yang telah banyak digunakan dan terbukti handal dalam penerapan sistem e-learning. Akan tetapi sistem ini juga memiliki beberapa kelemahan.Salah satu kelemahannya adalah sebagian besar dari sistem inikurang memperhatikan daya suai (adaptability), fleksibilitas, dan hubungan sosial.

Jawaban:

A. LCMS

Penjelasan:

LCMS adalah perangkat lunak yang telah banyak digunakan dan terbukti handal dalam penerapan sistem e-learning.


12. Jelaskan fungsi dari learning management system


Keterangan :
Mata Pelajaran : Teknologi Informatika (T.I)

Pendidikan Jenjang : Sekolah Menengah Atas

Point yang diberikan : 5+3 Point

[Question]

 

Jelaskan fungsi dari learning management system


[Answer]

 

Pengelola LMS terdiri dari tiga bagian dengan fungsinya, yaitu :

1.       Administrator

          a.       Pendaftaran peserta/siswa

          b.       Menentukan pengajar dan materi

          c.       Melakukan back up data

          d.       Pengelolaan website

2.       Pengajar/instruktur

          a.       Membuat silabi

          b.       Manajemen file

          c.       Membuat soal tes, quiz

          d.       Memonitor aktivitas peserta/siswa

          e.       Berinteraksi dengan peserta/siswa (forum, chat, email)

          f.        Melihat kemajuan peserta/siswa

3.       Peserta/siswa

          a.       Akses silabi, materi

          b.       Melihat hasil penilaian

          c.       Mengerjakan tes/ quiz

          d.       Berinteraksi dengan pengajar dan peserta/siswa lainnya ( forum, chat, email)

 

Senang dapat membantu anda, Maaf jika akan ada kesalahan


13. Yang merupakan fungsi dari Learning Managemant System (LMS) adalah….


LMS akan memungkinkan Anda mengelola setiap aspek kursus, mulai dari pendaftaran siswa hingga penyimpanan hasil tes, dan juga memungkinkan Anda menerima tugas secara digital dan tetap berhubungan dengan siswa Anda.

-Follow my ig:@alrainisriagustin


14. sebutkan minimal 3 persamaan Learning Management System dan Sosial Learning Network


1.tempat pembelajaran di internet
2.belajar tekun
3.main game

15. fungsi dari learning managemet system


Penjelasan:

smoga membantu......


16. Jelaskan perbedaan utama dari Learning Mangement System (LMS) dan Learning Contennt Management System (LCMS)


Perbedaan utama dari LMS dan LCMS adalah LMS merupakan media interaksi antara siswa dan guru, sedangkan LCMS adalah media yang digunakan oleh penulis konten maupun perusahaan penerbit konten.

17. Contoh penerapan ‘Content Management System / CMS” diantaranya... a. Blog pembelajaran b. Learning management Systemc. Blended Learningd. Cloud Learning​


Jawaban:

Semua jawaban (a, b, c, dan d) dapat menjadi contoh penerapan Content Management System (CMS) dalam berbagai bidang.

Blog pembelajaran: Blog pembelajaran dapat menggunakan CMS untuk membuat dan mengelola konten pembelajaran secara efisien.Learning management System (LMS): LMS adalah sistem pembelajaran online yang sering menggunakan CMS untuk membuat, mengelola, dan mempublikasikan materi pembelajaran.Blended Learning: Blended learning adalah kombinasi antara pembelajaran daring dan tatap muka yang sering menggunakan CMS untuk mengelola konten dan menyediakan materi pembelajaran secara online.Cloud Learning: Cloud learning adalah sistem pembelajaran yang menyediakan akses ke materi pembelajaran melalui cloud computing dan sering menggunakan CMS untuk mengelola konten.

Kesimpulan: Semua jawaban yang tercantum di atas dapat menjadi contoh penerapan Content Management System (CMS) dalam berbagai bidang.


18. Jelaskan keunggulan dan kelemahan masing-masing pendekatan student Centered active learning dan kontekstual teaching learning Cooperative Learning dan discovery​


Masing-masing pendekatan diatas punya keunggulan dan kelemahan tersendiri. Sebagai gambaran besarnya, keunggulan pendekatan Student Centered Active Learning bisa membuat peserta didik lebih mandiri dan tertarik mempelajari sesuatu ; Keunggulan Contextual Teaching Learning bisa membuat peserta didik atau para siswa menyerap materi secara komperhensif; Keunggulan Cooperative Learning bisa menambah kemampuan siswa dalam berinteraksi dan bekerjasama dalam memecahkan persoalan; Keunggulan Discovery Learning bisa membuat peserta didik menjadi lebih kritis terhadap sesuatu yang baru atau lebih tepatnya belum mereka ketahui sebelumnya. Untuk lebih jellasnya akan dipaparkan pada pembahasan dibawah ini.

Pembahasan:

Student Centered Active Learning

Kelebihan:

para peserta didik atau siswa digiring untuk mengasah kemampuan berkomunikasi dan berkolaborasi melalui kelompok belajarpara peserta didik bisa mengarahkan pembelajaran mereka sendiri, mulai dari mengajujkan ppertanyaan hingga menyelesaikan tugassiswa bisa lebih tertarik dalam mempelajari sesuatu karena mereka bisa berpartisipasi dan berinteraksi antara satu dengan yang lainnya

Kekurangan:

suasana kelas bisa menjadi riuh ramai bahkan kacau jika tidak terkendalipara pengajar atau guru dituntut mampu mengelola dan mengatur semua kegiatan siswa, dan itu bisa menjadi hal yang sulit jika harus dilakukan dalam waktu yang bersamaanadanya kemungkinan para peserta didik atau siswa kehilangan atau melewatkan poin-poin penting dari hal yang sedang mereka pelajari karena guru tidak memberikan instruksi atau penjelasan secara langsungjika ada siswa yang kurang komunikatif dan lebih senang elajar secara sendiri maka kelompok belajar akan terkena imbasnya

Contextual Teaching Learning

Kelebihan:  

peserta didik akan mendapatkan pengalaman yang bermakna karena bisa menyerap pelajaran sekaligus memahami hubungannya dalam kehidupan nyataproses belajar bisa lebih produktif dan membangun karena para peserta didik ditempa untuk belajar melalui pengalaman yang mereka alami, bukan hanya semata-mata bersumber dari hafalan saja

Kekurangan:

tinggi atau rendahnya pemahaman siswa akan tergantung dari perkembangan masing-masing karena guru tidak akan berperan langsung sebagai intruktur, melainkan hanya mengawasi saja. jika guru kurang memberikan perhatian ekstra maka ada kemungkinan dimana para siswa bisa melenceng dari arah, maksud dan tujuan dari pembelajaran itu sendiri

Cooperative Learning

Kelebihan:

para siswa bisa belajar untuk saling membantu dan mengenal karakter sesama angota kelompok dan dalam waktu yang bersamaan pendekatan ini memaksa mereka untuk mengasah persoalan/tugas yang mereka hadapipara siswa dilatih untuk mulai memahami arti dari tanggungjawab, karena keberadaan dan partisipasi masing-masing anggota dalam sebuah tim atau kelompok belajar akan mempengaruhi hasil yang akan dicapai

Kekurangan:

penilaian guru bisa jadi tidak akan adil jika dalam kelompok ada individu yang lemah pemahaman dan kurang partisipasi, artinya penilaian yang didapatkan kelompok tersebut akan tergantung dari individu atau anggota yang paling pintartimbulnya kebiasaan bergantung pada anggota lain, misalnya jika ada individu yang merasa tugas yang diberikan cukup dikerjakan oleh individu lain yang lebih menguasai tugas tersebut maka dia akan bergantung pada individu tersebut

Discovery Learning

Kelebihan:

pendekatatan discovery learning mampu memupuk rasa ingin tahu dan mendorong siswa untuk menjadi lebih kritis terhadap setiap hal yang mereka temukansecara langsung pendekatan ini membuat para peserta didik ikut serta aktif untuk berpartisipasi dalam setiap proses pembelajaran  

Kekurangan:

bisa memakan atau membutuhkan waktu yang banyak, maka pendekatan ini tidak selalu cocok untuk diterapkan dalam semua kegiatan akademikguru harus melakukan banyak koreksi karena kemungkinan besar murid mendapatkan cara, kesimpulan yang salah dalam proses pembelajaran

Pelajari lebih lanjut:

1. Apa yang dimaksud dengan e-learning https://brainly.co.id/tugas/1578086

2. Pendekatan gestalt dalam pembelajaran  https://brainly.co.id/tugas/18673990

3. Ciri-ciri pendekatan discovery learning https://brainly.co.id/tugas/7528382

Detil jawaban:

Kelas: 7

Mapel: TIK

Bab: Bab 3 - Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan

Kode: 7.11.3

Kata kunci: student centered active learning, contextual teaching learning, cooperative learning, discovery learning


19. Apa hubungan e-learning dengan learning Manajemen system dan learning content manajemen system


Beberapa sistem memiliki alat untuk mengirimkan dan mengelola instruktur sinkron dan asinkron ‘’online’’ pelatihan dan instruktur berdasarkan objek belajar metodologi. Sistem ini disebut ‘’Learning Content Management Systems’’ atau LCMS. Meskipun perbedaan ini, LMS sering digunakan untuk merujuk antara LMS dan LCMS, meskipun LCMS merupakan pengembangan lebih lanjut dari LMS. Karena kesesuaian, akronim CLCMS ‘’(Computer Learning Content Management System)’’ kini banyak digunakan untuk menciptakan cara fonetik seragam referensi perangkat lunak sistem pembelajaran berbasis pada pembelajaran teknologi metodologi maju.


20. Berikan contoh contoh minimal 10 software yang masuk Learning Management System (LMS)/ Learning Content Management System (LCMS)/ Social Learning Network (SLN)?


Jawaban:

LMS merupakan software (perangkat lunak) yang digunakan untuk perencanaan, pengiriman, serta pengolahan kegiatan pembelajaran.

Selain itu juga berguna untuk keperluan dokumentasi, laporan kegiatan, administrasi, materi. Dan itu semua berjalan dengan menggunakan internet atau online.

Aplikasi LMS dibagi menjadi 2, yaitu:

LMS proprietary, seperti Saba Software, Apex Learning, Blackboard, IntraLearn, SAP Enterprise Learning

LMS open source, seperti ATutor, Dokeos, dotLRN, Fresstyle Learning, ILIAS, LON-CAPA, Moodle, OpenACS, OpenUSS, Sakai, Spaghetti Learning

LCMS bekerja untuk membuat, memperbarui, mempublikasikan atau mengelola isi dari suatu sistem yang terorganisir di internet. LCMS merupakan pengembangan lebih lanjut dari LMS.

Selain itu, LCMS juga digunakan untuk mengawasi, menyediakan, merincikan, dan melakukan publikasi dokumen yang spesifik, misalnya artikel, panduan, dan brosur penjualan.

LCMS bisa berisi file komputer yang berupa audio, video, gambar, dokumen elektronik dan isi website. Contoh LCMS diantaranya claroline, e-doceo solutions.

SLN merupakan perkembangan lebih lanjut setelah LMS dan LCMS. SLN digunakan untuk pembelajaran yang lebih laus daripada kelompok belajar karena menggunakan jejaring sosial.

Karena skala sosial yang lebih besar maka kemungkinan juga bisa menyebabkan perubahan sikap dan perilaku pada peserta, walaupun tidak semua peserta. Contoh aplikasi SLN yang populer adalah Edmodo.

Penjelasan:

sudah jelas. Semoga membantu :)


Video Terkait Topik Diatas


0 komentar:

Posting Komentar

Search This Blog

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

About


VideoPlay is the top Blogger solution for websites with video focus.Separated they live in Bo okmarks grove right at the coast of the semantics a large language ocean which is great.

Instagram

Social Follow