apa perbedaan problem based learning dan project based learning
1. apa perbedaan problem based learning dan project based learning
Perbedaan problem based learning dan project based learning.
Problem Based Learning:
Digunakan pula dalam pengajaran di sekolah dasar dan menengah, namun asal mula strategi ini dipergunakan di pendidikan kesehatan dan persiapan profesional. Diselesaikan dalam waktu yang pendek (singkat) .Dimulai dengan sajian masalah bagi siswa untuk memecahkan atau pelajari lebih lanjut. Seringkali masalah ini dibingkai dalam skenario atau format studi kasus. Masalah dirancang dengan meniru kompleksitas permasalahan di kehidupan nyata. Tugas belajar pun sangat bervariasi dalam cakupan, waktu dan kecanggihan. Hasil pembelajaran hanya solusi dalam bentuk tulisan atau presentasi.Project Based Learning:
Cenderung dihubungkan dengan pengajaran di sekolah dasar dan menengah. Dimulai dengan sebuah pertanyaan esensial atau membimbing. Diselesaikan dalam waktu yang agak lama (beberapa minggu – bulan) Berorientasi dengan produk akhir atau “artifact” (berupa produk tulisan, lisan, visual dan multimedia), serta kegiatan produksi yang memerlukan pengetahuan isi tertentu atau keterampilan, dan biasanya menimbulkan satu atau lebih masalah yang harus dipecahkan siswa. Proyek bervariasi dalam lingkup dan kerangka waktu, dan produk akhir sangat bervariasi dalam tingkat teknologi yang digunakan serta kecanggihannya. Hasil pembelajaran berupa produk (model, prototype, poster seni, pertunjukan, dan lain-lain).2. apa perbedaan project based learning dan problem based learning
project based learning permasalahan diberikan dg memberikan tugas projek utk kelompok.
3. Apa itu pembelajaran project based learning ?
Jawaban:
Project based learning adalah model pembelajaran yang menjadikan peserta didik sebagai subjek atau pusat pembelajaran, menitikberatkan proses belajar yang memiliki hasil akhir berupa produk. Artinya, peserta didik diberi kebebasan untuk menentukan aktivitas belajarnya sendiri, mengerjakan proyek pembelajaran secara kolaboratif sampai diperoleh hasil berupa suatu produk.
4. bahasa Inggris 01:4504:40
Jawaban:
01:45 PM
04:40 AM
Penjelasan:
tolong jadikan jawaban tercerdas yaa
5. Desain pembelajaran steam model project based learning
Jawaban:
Desain pembelajaran STEAM menggunakan model project based learning adalah desain STEAM yang menggambarkan peran seni dalam desain dan sains
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) adalah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik mampu melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.
STEAM sendiri menggambarkan peran seni dalam desain dan sains. Jika para siswanya sudah terbiasa mengakses internet maka dapat digunakan model online (hybrid learning). Sebaliknya jika para siswanya belum terbiasa mengakses internet, maka guru dapat menggunakan model pertama yaitu model offline.
Desain pembelajaran STEAM menggunakan model project based learning adalah desain STEAM yang menggambarkan peran seni dalam desain dan sains. Caranya ialah mengembangkan media belajar (seperti gambar, foto, teks, dan video) dan artikel-artikel pendidikan yang dapat digunakan sebagai referensi dan pengayaan materi
SemogaMembantu:)
6. apa perbedaan dari part book service manual
Jawaban:
SERVIS MANUAL merupakan perbaikanseorang mekanik atau teknisi hendaknya selalu memperhatikan service manual.
sedangkan PARK BOOK adalah Buku yang menunjukkan nomer komponen (part) yang ada padasebuah unit (alat berat). Komponen pada setiap unit memiliki nomer tersendiri, nomer tersebut yang akan mempermudah seorang part analisatau part conter untuk mencarikan komponen pada sebuah unit.
Penjelasan:
SEMOGA MEMBANTU
7. apa perbedaan dari service manual dan part book ?
Pengertian manual book
Manual book, manual service atau manual repair adalah buku panduan yang digunakan dalam memandu pelaksanaan service yang mengacu pada standar service pabrik. isi dari manual book terdiri dari : spesipikasi kendaraan, Cara bongkar pasang Engine, Transmission, Suspensiom, Fron axle, Rear axle, Steering power, Steering brakes, ABS. Denagan adanya manual book dalam pelaksanaan service kendaraan banyak keuntungan yang bisa di peroleh misalnya : bagi para mekanik, tidak akan ada lagi proses coba-coba dalam melaksanakan service kendaran sedangkan untuk pemilik mobil akan lebih mengenal mobil mereka sehingga apa bila ada trobel kecil pada mobil mereka maka tersebit bisa di atasi sendiri. Nah jika berminat untuk memiliki manual book silahkan kunjungi Disini untuk melihat daftar buku manual atau manual book.
sedangkan,
Part Book adalah
Buku yang menunjukkan nomer komponen (part) yang ada padasebuah unit (alat berat). Komponen pada setiap unit memiliki nomer tersendiri, nomer tersebut yang akan mempermudah seorang part analisatau part conter untuk mencarikan komponen pada sebuah unit. Padaumumnya part catalogue juga dapat dijadikan pedoman untukmemasang (merangkai) sebuah komponen, karena komponen padapart catalogue di rancang sedemikian rupa dan saling berangkai.
8. bagaimana penerapan project based learning dalam kurikulum merdeka
Jawaban:
Penerapan Project Based Learning adalah pendekatan yang mengedepankan siswa untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang benar-benar ditemui di lapangan. Dalam pembelajaran ini siswa akan berperan menjadi seorang profesional yang mencoba memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.
Penjelasan:
maaf kalau salah soal nya kurikulum merdeka kurikulum baru
9. Mengapa project based learning tidak perlu dilakukan?
Jawaban:
Project Based Learning (PBL) adalah salah satu metode pembelajaran yang memiliki banyak manfaat bagi siswa. Dalam PBL, siswa terlibat dalam proyek atau tugas berbasis proyek yang memungkinkan mereka untuk memanfaatkan dan mengaplikasikan pengetahuan yang mereka dapatkan untuk memecahkan masalah nyata dan relevan.
Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk mengapa PBL tidak perlu dilakukan. Sebaliknya, PBL dapat membantu meningkatkan motivasi siswa, membantu mereka memahami konsep secara mendalam, dan membantu mereka mempersiapkan diri untuk mengatasi tantangan masa depan.
Dengan demikian, tidak ada dasar untuk mengatakan bahwa PBL tidak perlu dilakukan. Justru PBL sangat penting dan harus dipertimbangkan sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran.
10. Soal perhitungan waktu(jam) (09:23+01:38)-04:01 =
09 : 23
01 : 38
------------- +
11 : 01
04 : 01
------------- -
07 : 00
= (09:23+01:38)-04:01== 11.01-04:01
=07.00
11. Uraikan hubungan antara kedudukan siswa dengan project based learning dan inquiry based learning
Penguraian hubungan antara kedudukan siswa dengan project based learning dan inquiry based learning adalah kedudukan siswa ialah sebagai “aktor utama”, yang juga merupakan pusat dari kegiatan pembelajaran.
Pembahasan
Pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) adalah metode pembelajaran dimana siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui kegiatan membuat dan mengedit karya (proyek) secara berkelompok berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajari selama ini. Selain berlatih pemecahan masalah, siswa juga berlatih berkolaborasi dengan PBL.Pembelajaran berbasis inkuiri merupakan metode pembelajaran yang memungkinkan siswa menjadi lebih kritis dan aktif mengajukan pertanyaan dan permasalahan dari isu-isu yang ada terkait topik yang diberikan atau didiskusikan dengan guru.
Pelajari lebih lanjutPelajari lebih lanjut materi tentang pembelajaran berbasis proyek: https://brainly.co.id/tugas/51449407
#BelajarBersamaBrainly #SPJ4
12. berikut ini yang merupakan tipe pembelajaran coorperative learning : a problem solving. b contextual learning. c project based learning. d quantum learning. e think pair share
Yang merupakan tipe pembelajaran Coorperative Learning adalah E. Think pair share
PembahasanJenis-jenis pembelajaran menurut Agus Suprijono tahun 2008 adalah sebagai berikut.
1. Model pembelajaran berbasis memecahkan masalah (Problem Solving)
Adalah metode yang guru ciptakan yang di mulai dengan memecahkan masalah yang relevan atau bersangkut paut bagi siswa dan penting dan memungkin peserta didik untuk memecahkan masalah dalam kehidupan yang nyata (realistik).
2. Model pembelajaran berbasis kontekstual (Contextual Teaching and Learning)
Adalah metode yang guru ciptakan dengan mengaitkan antara materi yang guru ajarkan dengan kehidupan nyata supaya siswa dapat mengetahui hubungan antara pengetahuan yang ia miliki dengan penerapannya dalam kehidupannya sehari-hari.
3. Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning atau PjBL)
Adalah metode yang guru ciptakan yang di mulai dengan menggunakan kegiatan atau proyek sebagai media pembelajaran.
4. Model pembelajaran quantum (Quantum Learning)
Berupa beberapa strategi, petunjuk, atau kiat dalam proses belajar-mengajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat siswa sehingga dapat membuat belajar menjadi suatu proses yang bermanfaat dan menyenangkan.
5. Model pembelajaran kooperatif (Think Pair Share)
Model pembelajaran ini menggunakan beberapa siswa sebagai model pembelajaran (belajar kelompok) sehingga siswa dapat berbagi pendapat dengan tingkat kemampuan siswa yang berbeda-beda serta siswa dapat menghargai pebedaan SARA dan mengerti tentang kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan.
Pelajari Lebih LanjutPerbedaan pembelajaran konvensional dan strategi mixed: https://brainly.co.id/tugas/22918631Beberapa model pembelajaran: https://brainly.co.id/tugas/23146911Detil JawabanMapel: B. Indonesia
Kelas: VII
Materi: Mendeskripsikan Sesuatu
Kode soal: 1
Kode kategorisasi: 7.1.8
Kata kunci: Jenis-jenis pembelajaran
==============
#TingkatkanPrestasimu#OptiTimCompetition13. dari 08-04-2019 sampai 21-01-2021 berapa bulan?
Jawaban:
9 bulan neng
Penjelasan dengan langkah-langkah:
dari bulan April -januari
14. pada gambar di samping ini sudut yang saling membelakanginya adalahA.sudut 02 dan 01B.sudut03 dan 04c.sudut 01 dan 03D.sudut 01 dan 04tolong bantu kak yang benar
Jawaban:
c. sudut 1 dan 3
maap kalo salah
15. Saya lahir 01/04/96/1996 berapah umur saya sekarang
22 tahun 1 bulan 1 hari
16. Berikut karakteristik model suatu pembelajaran 1) working autonomy 2)practical relevance 3)learning of skill 4) cooperation of univercity and practice. Model pembelajaran yang sesuai karakteristik diatas adalah.... a. contextual learning b. project based learning c. cooperative learning d. project oriented learning e. problem based learning
b.project based learning
17. apa yang di sebut project based learning
Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) adalah sebuah model pembelajaran yang menggunakan proyek (kegiatan) sebagai inti pembelajaran.
18. Jelaskan model pembelajaran:1. Problem Based Learning2. Project Based Learning3. Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning
Jawaban:
1.problem based learning adalahPembelajaran berbasis masalah adalah suatu pembelajaran yang menyuguhkan berbagai situasi bermasalah yang autentik dan bermakna kepada siswa yang berfungsi sebagai landasan bagi investigasi dan penyelidikan
2.project based learning adalah metode pembelajaran menggunakan proyek /kegiatan sebagai media.peserta didik melakukan eksplorasi , penilaian, interpretasi, sintesis dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar
3.pembelajaran inquiry dan discovery learning adalah pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analisis untuk menemukan jawaban dari suatu masalah
maaf kalau saya salah
19. apa fungsi spare part service?
Jawaban:
Spare Part mempunyai fungsi tersendiri dan dapat terkait atau terpisah dengan Spare Part lainya. Misal strating motor akan terpisah fungsi kerjanya dengan alternator, walaupun secara tidak langsung juga ada hubungannya. Dimana alternator berfungsi untuk menghasilkan listrik untuk mengisi aki (accu/batere), sedangkan starting motor berfungsi untuk menghidupkan engine dengan menggunakan listrik dari aki.
Secara umum Spare Part dapat dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Spare Part baru yaitu komponen yang masih dalam kondisi baru dan belum pernah dipakai sama sekali kecuali sewaktu dilakukan pengetesan.
2. Spare Part bekas atau copotan 9 tertentu dengan kondisi :
a. Masih layak pakai yaitu secara teknis komponen tersebut masih dapat dipergunakan atau mempunyai umur pakai.
b. Tidak layak pakai yaitu secara teknis komponen tersebut sudah tidak dapat lagi dipakai walaupun dilakukan perbaikan atau rekondisi.
20. Tuliskan kedudukan peserta didik dalam project based learning dan inqury based learning!
Baik pada project based learning (PBL) maupun inquiry based learning (IBL), kedudukan siswa adalah sebagai “aktor utama”, yang sekaligus merupakan pusat dari kegiatan pembelajaran.
Project Based Learning (pembelajaran berbasis proyek) adalah metode pembelajaran yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari aktivitas membuat atau mengerjakan karya (proyek) secara berkelompok, dengan menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya. Selain berlatih menyelesaikan permasalahan, dengan PBL siswa juga berlatih untuk berkolaborasi.
Inquiry Based Learning (pembelajaran berbasis inkuiri) adalah metode pembelajaran yang memungkinkan siswa menjadi lebih kritis, dengan aktif memunculkan pertanyaan atau persoalan dari permasalahan yang ada, terkait dengan topik yang diberikan atau dibahas bersama guru.
Dalam pelaksanaannya, baik dalam PBL maupun IBL, siswa adalah aktor utama dan pusat dari kegiatan pembelajaran, di mana siswa dapat belajar menjadi mandiri, menemukan ide dan gagasan, berkreasi, inovatif, dan berani menyampaikan pendapat atau opini kepada orang lain.
0 komentar:
Posting Komentar